Perubahan masuk akal yang sejalan dengan usia pasti bukan permasalahan Menebak Umur Kulit


Seiring berjalannya waktu, kulit pun mengalami perubahan. Perubahan masuk akal yang sejalan dengan usia pasti bukan masalah. Namun, bagaimana jikalau kulit Anda ’berumur’ jauh lebih renta dari usia biologis Anda di saat ini?

Suplai oksigen

Meski permasalahan hormonal sungguh memengaruhi mutu kulit, Anda juga bisa ikut ambil penggalan Iho, minimal mempertahankan metabolisme badan biar berlangsung lancar. Tentu saja biar penampilan kulit tidak membohongi usia Anda yang sebenarnya. Salah satunya dengan menyuplai oksigen. Mengapa? Sebab, pada usia 30, lapisan kulit insan akan kehilangan sekitar 65% ksdar oksigen.

Seperti halnya organ badan lainnya, kulit pun perlu oksigen untuk proses regenerasi sel. Oksigen ini mesti senantiasa gres dan terjamin keberadaannya. Dari proses pembentukan sel hingga pengelupasan, oksigen yang disalurkan melalui vascular system ini seolah tak pernah berhenti mengalir. Bahkan, suatu observasi medis membuktikan, penyebab utama kulit’menua’ yakni lantaran kurangnya suplai oksigen. Tak heran jikalau oksigen menjadi issue berpeluang penyebab premature aging.

Beruntung di dunia teknologi keayuan dipahami terapi oksigen yang sanggup bikin kulit perempuan terlihat lebih muda, sehat, dan segar. Treatment yang tergolong favorit ini juga mendorong beberapa produsen kosmetik untuk bikin produk sejenis oxygen booster yang mengandung formula mineral beroksigen.

Sebut saja jenis oxygen spray atau oxygen inhalation yang sengaja dirancang lebih gampang dan ekonomis. Atau perawatan dengan masker atau facial oksigen untuk
treatment yang lebih advance.

Skin rejuvenation

Selain suplai oksigen, skin rejuvenation atau peremajaan kulit bisa diperhitungkan untuk menanggulangi kulit yang telah telanjur’menua’ tadi.

Dalam perumpamaan populer, peremajaan kulit yakni upaya untuk mendorong skin renewal rate atau regenerasi kulit biar kembali mendekati siklus normal-nya, yakni 21 hari. Dengan mengembalikan siklus kulit ke asalnya (mengikuti siklus kulit usia anak-anak) maka kulit akan senantiasa tersadar elastisitasnya.

Meski demikian, treatment ini menawarkan pilihan yang beragam. Jadi, untuk mendapatkan yang paling cocok dengan keperluan kulit, Anda diwajibkan berkonsultasi dengan ahlinya.

Menurut Dr. Amsranila Lalita Drijono Sp.KK dari Puan Boutique Clinic, skin rejuvenation masa kini lazimnya lebih baik lantaran bisa mengembalikan kekenduran kulit (sagging skin), menolong menangkal dan menyamarkan keriput dalam akhir kontraksi otot wajah, serta mengisi penggalan kulit yang berkeriput (face sculpting). Memang lengkap, tetapi itu jikalau umur kulit Anda memang telah telanjur menua.

Jujur pada kulit
Perlakukanlah kulit Anda secara jujur. Rawatlah dengan menggunakan produk yang sungguh-sungguh sesuai untuk umur kulit Anda di saat ini. Bukan usia Anda.

Oleh lantaran dua hal ini yakni dilema yang berbeda. Usia, pertanda jangka waktu Anda di tampang bumi. Sedang ’umur kulit’ menyiratkan catatan aktivitas dan kebiasaan Anda selama ini.

Bingung mengukurnya? Jangan pusing, gampang kok. Sebagai contoh, jikalau usia biologis Anda di sekarang ini sekitar 25-30 tahun tetapi punya ritme hidup berjenis ’hectic-stress’, yakni dengan aktivitas tambahan di ruang ber-AC atau justru terekspos sinar matahari.

Ditambah pola makan ala ’yang penting makan’ plus waktu istirahat yang berbanding lurus dengan ’deadline pekerjaan", itu artinya Anda perlu produk kulit yang kira-kira setara untuk perempuan berusia 35 tahunan. Pokoknya lima hingga sepuluh tahun lebih renta dari usia biologis Anda di saat ini. Mengerikan? Pasti. Makanya, pilihan ada di tangan Anda kok.

Sumber: kompas.com