Banyak yang berpendapat, wanita paling takut pada pergeseran fisik. Salah satu dilema yang menjadi lawan kaum wanita merupakan kerut dan keriput yang disebabkan oleh aspek penuaan. Padahal bahwasanya kerut dan keriput tidak cuma terlihat di wajah, namun juga pada kulit tubuh.

Menurut dr.Ratih Citra Sari dari Estetiderma RS. Thamrin, Jakarta, kelembaban kulit di tubuh dan di wajah berbeda. Wajah memiliki kelenjar-kelenjar yang memproduksi minyak lebih banyak ketimbang di badan.

"Tubuh bahwasanya punya kelembaban alami, namun kelembaban itu kita kikis saban hari di saat mandi. Bahan-bahan yang terdapat pada sabun menghasilkan kulit kering, terlebih jikalau mandinya memakai shower puff," tuturnya.

Padahal, tambah dr.Ratih, selain mandi, masih banyak hal yang menjadi pemicu hilangnya kadar kelembaban alami kulit, umpamanya paparan sinar matahari, penuaan, cuaca dan AC. Jika kulit tubuh senantiasa dibiarkan tanpa pelembab yang baik, usang kelamaan kulit akan kendur, kering dan kusam.

Memiliki kulit yang halus, kencang dan sehat bahwasanya bukan hal yang tidak mungkin, asalkan kita menjalankan perawatan sejak dini. Salah satunya merupakan dengan bersungguh-sungguh memakai pelembab setiap kali akibat mandi dan setiap kita merasa kulit kering.

Kandungan pelembab

Pelembap utamanya dirancang untuk menangkal kehilangan cairan tubuh kulit. Pelembap lazimnya berupa krim, dengan kekentalan yang beraneka ragam dari ringan hingga sungguh kental, tergantung dari kandungan minyak dan gliserin.

Menurut penjelasan Widyawati Salim, Product Develompent Manager for Skin, Unilever, pelembab tubuh atau yang lazim kita kenal selaku body lotion mengandung bahan-bahan pelembab, seumpama halnya humektan dan emolien yang berfungsi menangkal air menguap dari kulit dengan jalan menghasilkan lapisan tipis di permukaan kulit.

Gliserin merupakan humektan tolok ukur yang lazim dipakai produk body lotion selama beberapa tahun lamanya, fungsinya untuk mengikat air. Gliserin juga terbukti sungguh kondusif untuk kulit. Salah satu produk yang memakai gliserin merupakan Vaseline.

Bahan lain yang terdapat pada produk body lotion merupakan materi emulsi. Pada pelembab yang mengandung water-in-oil emulsion, lazimnya lebih berminyak sehingga lebih disukai lantaran dengan mudah menyerap dalam kulit dan sanggup memberi efek mendinginkan.

Walau kandungan produk pelembab berisikan materi kimia namun dijamin disukai para pemakainya, lantaran di dalamnya juga terdapat materi pewangi, materi pengawet untuk menangkal kontaminasi mikroba dan materi aktif lain yang sungguh bermanfaat, umpamanya pencerah kulit dan tabir surya.

Olahraga dan nutrisi

Kosmetik semahal apa pun tidak akan sanggup menutupi kulit yang kusam. Karenanya jangan pernah lewati olahraga. Berolahraga tak cuma menghasilkan tubuh bugar dan sehat namun juga memperbaiki sirkulasi darah ke jaringan. "Jika sirkulasi bagus, otomatis kulit akan cukup memperoleh nutrisi," ujar dr.Ratih. Tak cuma itu, olahraga juga menawan otot sehingga tidak kendur.

Biar kulit kita sehat dan kencang, mulailah berolahraga. Misalnya jogging setidaknya satu jam setiap dua kali seminggu, atau ikutan aerobic di Senayan. Kalau ingin lebih konsentrasi lagi, coba untuk bergabung dengan sentra kebugaran.

Hal lain yang tak kalah penting merupakan pemenuhan nutrisi dari dalam lewat konsumsi buah-buahan dan sayuran yang mengandung vitamin A,C dan E, yang sungguh bagus untuk mempertahankan kemulusan kulit. Vitamin A berkhasiat untuk menangkal kekeringan pada kulit, sedangkan Vitamin C dan E beken lantaran khasiatnya selaku antioksidan.

Sumber: kompas.com